Calon Haji Gelombang Pertama Bersiap dengan Doa dan Olahraga

Republika/ Yasin Habibi
Sejumlah calon jamaah haji kloter 1 tiba di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Senin (8/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sebagian calon jamaah haji untuk pemberangkatan gelombang pertama mulai masuk asrama haji. Pemberangkatan  akan dimulai pada Selasa (9/8).

Mardi Santoso (60 tahun), calhaj asal Lubang Buaya, Jakarta mengaku memperbanyak doa jelang keberangkatannya ke tanah suci. Dia berharap Allah SWT memberikan kelancaran selama menunaikan ibadah haji.

“Doa terus dan olahraga,” ujar Mardi kepada Republika.co.id di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Senin (8/8). Menurut Mardi, persiapan mental sangat penting untuk melaksanakan ibadah haji. Termasuk menjaga kesehatan agar tidak mengganggu ibadah.Sebab, Mardi mengakui ibadah haji memerlukan kondisi fisik yang prima. Mardi bersyukur tidak ada riwayat penyakit yang dapat menghambat keberangkatannya ke tanah suci.

Mardi merupakan pensiunan Pemerintah Daerah Kantor Wali Kota Jakarta Timur. Mardi mendaftar untuk naik haji pada 2010. Mardi berangkat bersama istrinya. Dia berharap setelah menunaikan ibadah haji mampu merubah segala kehidupan sehari-harinya, terutama perilaku dan ibadah.”Kalau masih sama kayaknya sia-sia,” kata Mardi.

Calhaj lainnya, Siti Baddiya (56) tidak jauh berbeda dengan apa yang dilakukan Mardi Santoso. Berdoa demi kelancaran terus dilakukan jelang keberangkatan.Olahraga rutin dilakukan Siti agar kondisi kesehatannya prima. Hal tersebut, kata Siti, sesuai dengan anjuran Kementerian Agama agar menjaga kesehatan dengan rajin olahraga.

“Harapannya bisa jadi haji mabrur,” ucap Siti yang merupakan warga Ciracas. Siti mendaftarkan diri untuk naik haji tahun 2011. 

Posted in NEWS.